Apa Itu mBanking? Ini Penjelasan, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Apa itu mBanking? mBanking adalah fasilitas yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi online. Fasilitas online ini hanya dapat digunakan di smartphone.
Dengan mobile banking atau mBanking, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan layaknya transaksi di ATM. Mulai dari transfer, isi pulsa, token listrik, hingga lainnya. Jadi, nasabah bisa melakukan pembayaran penting di mana dan kapan saja.
Fungsi mBanking
Setelah mengetahui apa itu mobile banking, nasabah mungkin paham bahwa fungsi aplikasi ini sangat berguna dalam transaksi keuangan.
Nasabah gak perlu repot-repot lagi keluar rumah buat ke ATM atau ke bank untuk menyelesaikan transaksi keuangan, seperti berbelanja, transfer uang, hingga bayar kebutuhan hidup.
Adapun beberapa fungsi lain mBanking, yaitu:
- Memungkinkan nasabah melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi perbankan.
- Melakukan pembayaran transaksi keuangan dari orang ke orang.
- Menyediakan informasi letak ATM atau kantor cabang bank terdekat.
- Memberikan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan sesuai dengan permintaan nasabah.
- Memberikan pemberitahuan tentang aktivitas penggunaan transaksi keuangan.
- Memberikan layanan pembayaran tagihan secara elektronik, misalnya bayar listrik, bayar paket internet, TV kabel, dan layanan lainnya.
Cara kerja mobile banking
Bagaimana cara kerja mBanking?
Pada dasarnya, cara kerja mBanking itu sama dengan transaksi pada umumnya. Perbedaannya adalah transaksi lewat mobile banking dapat dilakukan melalui smartphone. Dengan begitu, nasabah tak perlu repot-repot lagi ke mesin ATM untuk melakukan transaksi.
Penggunaan mobile banking dimulai dengan pendaftaran akun terlebih dahulu. Setelah terdaftar, nasabah dapat menggunakannya untuk transaksi keuangan dengan cara memasukkan user ID atau password dan PIN untuk menyelesaikan transaksi.
Fitur-fitur di m-Banking
mBanking memiliki beragam fitur atau layanan perbankan yang bisa dinikmati nasabahnya. Artinya, mobile banking benar-benar seperti fasilitas mesin ATM dalam versi yang lebih praktis.
Biasanya fitur mBanking tiap-tiap bank berbeda. Namun, secara umum memiliki kesamaan, sama-sama ada fitur transaksi transfer uang.
Berikut ini beberapa fitur yang bisa dinikmati di sebagian besar aplikasi mBanking.
- Layanan transfer antarbank.
- Layanan pembayaran tagihan kartu kredit.
- Layanan pembayaran kebutuhan rumah, seperti listrik, PDAM, hingga internet.
- Layanan pembayaran premi BPJS Kesehatan dan asuransi swasta lainnya.
- Layanan pembelian dan top up dompet digital, seperti OVO, Gopay, hingga LinkAja.
- Layanan pembayaran pajak.
- Layanan investasi seperti deposito.
- Layanan administrasi perbankan, seperti cetak rekening koran, penggantian PIN ATM, layanan lainnya.
Kelebihan mBanking
Layanan mBanking diciptakan tentu untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah perbankan. Itu sebabnya berbagai kelebihannya pun bisa dinikmati, yaitu:
- Mudah diakses kapan pun dan di mana pun.
- Jangkauan koneksi lebih luas.
- Dilengkapi dengan fitur yang sederhana dan mudah dimengerti semua kalangan.
- Biaya yang dikenakan umumnya lebih rendah dibanding internet banking.
- Aman dan dapat dapat meminimalkan risiko penipuan.
- Dapat menghemat waktu dan biaya karena nasabah tak perlu datang ke bank atau ATM jika ingin melakukan transaksi keuangan.
- Lebih efisien dan tak perlu mengantre. Cukup dengan smartphone, nasabah bisa melakukan transaksi selama memiliki jaringan internet.
- Nasabah dapat melakukan jadwal transaksi keuangan dalam satu waktu sekaligus.
Kekurangan mBanking
Ada kelebihan tentu juga ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan mBanking.
- Rentan mengalami penipuan “smishing”, yaitu dihubungi hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan untuk menanyakan detail rekening bank.
- Dibutuhkan smartphone canggih untuk mengaksesnya.
- Fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi bisa di-hack jika smartphone hilang atau dicuri.
- Nasabah harus memiliki jaringan internet yang kuat untuk bisa mengakses mBanking. Jika koneksi internet kurang baik, nasabah akan sulit saat mengaksesnya.
- Berisiko terhadap pencurian data.
- Akan dikenakan biaya SMS untuk mendaftarkan nomor rekening baru untuk transfer.
Selain kekurangan di atas, mBanking bagi sebagian orang juga memiliki kekurangan, yaitu membuat pengeluaran menjadi lebih boros.
Pasalnya kemudahan yang ditawarkan telah memanjakan sebagian orang untuk berbelanja semaunya. Tinggal buka m-Banking, selesai deh transaksinya.
Niatnya mau lihat-lihat doang, tapi ujung-ujungnya malah jadi kebiasaan boros. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik.
Meski begitu, banyak juga orang yang memilih untuk tidak menggunakan m-Banking biar lebih irit. Pasalnya, gak bisa dipungkiri kalau window shopping itu bisa bikin kantong kebobolan.
Perbedaan m-Banking dengan internet banking
Dari penjelasan mengenai apa itu mBanking, nasabah mungkin bingung, apa bedanya dengan internet banking?
Internet banking adalah adalah layanan perbankan yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan melalui website milik bank dengan bantuan internet.
Internet banking dan mBanking memiliki perbedaan dalam sarana penggunaanya. mBanking digunakan di perangkat ponsel melalui aplikasi, sedangkan internet banking melalui situs resmi bank dan diakses menggunakan browser.
Namun, dilihat dari fitur, keduanya hampir sama, cuma biasanya fitur-fitur di internet banking sangat terbatas dan tidak sebanyak m-Banking.
Informasi mBanking BRI, BCA, BNI, hingga Mandiri
Berikut ini informasi layanan mBanking BRI, BCA, BNI, hingga Mandiri.
1. Livin’ by Mandiri: layanan mBanking Mandiri
Aplikasi mBanking Mandiri ini bisa diunduh secara gratis di perangkat iOS dan Android.
Livin’ by Mandiri menawarkan beragam keuntungan:
- Transaksi yang mudah dan cepat.
- Sistem keamanan berlapis dan terintegrasi dengan website.
- Memfasilitasi pembukaan deposito dan tabungan.
2. BCA Mobile: layanan mBanking BCA
BCA memiliki layanan mBanking yang diberi nama BCA Mobile. Dengan BCA Mobile, berbagai urusan transaksi keuangan nasabah BCA bisa dilakukan dengan cepat di mana saja.
Dengan menggunakan BCA Mobile, nasabah mendapat keuntungan-keuntungan, yaitu:
- Kemudahan transaksi perbankan.
- Praktis dan fiturnya lengkap.
- Mudah digunakan.
- Memfasilitasi pembukaan rekening tabungan online.
Untuk mengetahui langkah-langkah pendaftaran akun BCA Mobile, cek informasinya dalam artikel BCA Mobile – Cara Daftar, Aktivasi, dan Cara Buka Rekening.
3. BNI Mobile Banking: layanan mBanking BNI
Bagi nasabah BNI, kamu juga bisa menikmati layanan m-Banking melalui BNI Mobile Banking. Layanan ini tidak hanya bisa melakukan kegiatan transfer uang saja, tetapi juga untuk melakukan pembayaran tagihan hingga pembukaan rekening baru.
Keuntungan-keuntungan menggunakan BNI Mobile Banking bagi nasabah, yaitu:
- Cek informasi rekening.
- Melakukan tranfer perbankan secara online.
- Melakukan pembayaran secara online.
- Melakukan pembelian secara online.
- Melakukan investasi secara online.
4. BRImo: layanan mBanking BRI
BRImo adalah fasilitas mobile banking milik Bank BRI yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi online, pembukaan rekening, menggunakan internet banking, hingga melakukan personal financial management.
Untuk nasabah BRI, berikut ini keuntungan menggunakan aplikasi BRImo.
- Fitur yang disediakan lengkap.
- Bisa melakukan pembukaan rekening secara online.
- Dapat melakukan registrasi internet banking.
- Tersedia fitur fast menu.
Bagaimana melakukan pendaftaran akun BRImo? Cek langkah-langkahnya dalam artikel Cara Daftar BRI Mobile dan Aktivasi Mobile Banking BRI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar